banyumas.org – Nopia dari dulu dijadikan oleh-oleh kuliner khas Purwokerto. Karena nopia adalah salah satu makanan khas Banyumas dengan rasa yang enak dan proses pembuatan yang unik. Bentuknya bulat tetapi sisi sebelahnya rata sehingga tidak bulat sempurna, berwarna putih dengan isian gula merah. Nopia juga ada yang berbentuk seperti telur angsa, besar tetapi dalamnya kosong dan berlapis gula merah yang menempel pada dinding kulit nopia. Bahan utama pembuatan nopia adalah menggunakan tepung terigu dan gula merah. Tekstur nopia ini keras dan renyah diluar tapi lembut di dalam.

Nopia oleh-oleh khas Banyumas
Nopia oleh-oleh khas Banyumas

Cara pembuatan nopia masih sangat tradisional yaitu dipanggang dengan tungku khusus yang dibuat dengan tanah liat dan perapian khusus. Proses pembuatan nopia adalah setelah adonan gula dibungkus dengan terigu kemudian ditaruh di atas loyang dan dioven besar. Oven yang dipakai berasal dari tanah liat. Pembakaran oven tersebut memakai arang. Kayu bakar dimasukkan ke dalam oven dan dibakar sampai menjadi arang. Setelah itu arang dikeluarkan dari oven yang sudah panas, baru dimasukkan bahan nopia dengan cara ditempel di dinding oven tanpa perekat. Proses pemanggangan berlangsung sekitar 15 menit sampai matang.

Nopia oleh-oleh kuliner khas Purwokerto
Nopia oleh-oleh kuliner khas Purwokerto

Dengan berkembangnya permintaan konsumen, kue nopia tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti coklat, durian, bawang, strawberi, keju dan pandan.

Nopia pada awalnya dipopulerkan oleh keluarga keturunan Tionghoa pada tahun 1880-an. Karena rasanya yang enak dan bahan-bahannya mudah didapatkan di sekitar Banyumas, maka kue ini cepat menarik perhatian masyarakat sekitar. Akhirnya banyak masyarakat Banyumas yang mencoba untuk memproduksi dan memasarkannya ke kota-kota di sekitar Banyumas.

Selain nopia ada juga mino atau mini nopia yang berukuran lebih kecil. Di Banyumas, ada khusus kampung nopia yaitu Desa Pekunden, Desa Sudagaran, dan Desa Kalisube yang ada di Kecamatan Banyumas. Lokasinya berjarak sekitar satu kilometer dari Alun-alun Banyumas. Di kampung nopia ini, selain kita bisa membeli nopia kita juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung.