Purwokerto, banyumas.org – Purwokerto kini menjadi pusat kota kabupaten Banyumas karena daerah ini mulai berkembang. Salah satu tempat yang menjadai pusat berkumpulnya warga Purwokerto serta destinasi wisata di kota mendoan ini adalah alun-alun Purwokerto.

alun-alun purwokerto
Alun-alun purwokerto

Lokasi alun-alun Purwokerto terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tidak sulit menemukan tempat ini karena ada di pusat kota dan tepat di depan kantor Bupati. Tempat ini menjadi lokasi transit karena berada di jalur mudik saat idul fitri.

Tempat ini dapat disebut sebagai saksi sejarah perjuangan rakyat Purwokerto, tempat ini sudah ada sejak kolonial Belanda. Penataan area alun-alun dibagian depan ada halaman, Pendapa, Pringgitan, Dalem dan plataran mburi terdapat masjid yang biasa disebut masjid paguwon.

Masjid ini berada di sebelah barat, di sebelah selatan masjid terdapat penjara. Tempat ini dibangun dengan penuh filosofi dan konsep yang tinggi.

Setelah di renovasi, wajah pusat kota Purwokerto ini sekarang sudah berbeda dari beberapa tahun silam. Kini konsep dari tempat ini lebih modern dengan dibangun tempat spot selfie andalan yaitu air mancur dengan warna yang dapat berubah. Air mancur ini menjadi tempat bermain anak-anak. Mereka dapat bermain air disitu dengan latar belakang tulisan “PURWOKERTO”.

Tepat didepannya terdapat Rita Mall, sehingga tempat ini menjadi tempat berkumpul yang ideal bagi keluarga karena wisatanya lengkap. Untuk beribadah pengunjung dapat memanfaatkan Masjid Agung yang ada di sebelah kiri alun-alun. Fasilitas lain seperti parkiran juga sangat strategi dan biaya parker yang cukup murah hanya 2000 rupiah anda dapat menikmati suasana malam hari di kota mendoan ini.

Makanan terkadang menjadi tujuan wisatawan untuk menandangi tempat tersebut. Bakso pekih yang terdapat di Jlan pekih menjadi favorit warga serta wisatawan yang berkunjung. Cukup memnepuh waktu 4 menit dengan berjalan kaki dari alun-alun anda dapat menikmati gurihnya bakso ini.

Bangunan Misteri di Alun-alun Purwokerto

bangunan misteri alun-alun Purwokerto
Bangunan misteri alun-alun Purwokerto

Ditengah kota Purwokerto juga terdapat bangunan misteri yang menjadi perbincangan warga Purwokerto. Bangunan tersebut ada di sebelah timur alun-alun Purwokerto. Menurut keterangan warga setempat konon katanya di dalam bangunan tersebut ada jasad seorang laki-laki. Tidak dapat dipastikan kapan bangunan itu didirikan, karena banyak versi cerita rakyat untuk menerangkan asal usulnya.

Cerita ini tersebar mulai jaman raja hingga zaman penjajahan Belanda. Dipaparkan ketua RT 3 RW 5 Sokanegara, Bapak Suwito kematian lelaki yang ada dibangunan itu disebabkan peperangan antara dua orang sakti mandraguna yaitu Mbah Ragasemangsang sebagai protagonis dengan Raden Pekih yang meresahkan warga.

Perkelahian itu di menangkan oleh Raden Pekih yang akhirnya menggantung raga Mbah Ragasemangsah. Sampai saat ini bangunan itu masih menjadi tempat keramat tetapi di tengah kota Purwokerto.

Hotel di dekat Alun-alun Purwokerto

Untuk wisatawan yang ingin menginap di Kota Purwokerto, disekitar alun-alun juga terdapat banyak hotel dengan berbagai pilihan harga, diantaranya Hotel Luminor, Hotel D-Ben, Hotel Wisata Niaga, Aron Hotel, Hotel Java Heritage, dll.