Resto Gubug Makan Mang Engking Purwokerto

 

Gubug Makan Mang Engking berlokasi di Jalan HR Bunyamin Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Berada di sebelah utara kampus Unsoed. Sedikit masuk sebelah utara Pabuaran Mart. Resto ini buku setiap hari, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

 

Dibuka sejak 11 Desember 2011, Gubug Makan Meng Engking Purwokerto menyajikan menu dan suasana yang mengikuti style Mang Engking yang sudah buka di berbagai kota. Konsep resto Mang Engking adalah resto tradisiona yang menawarkan kelezatan menu masakan di tengah keasrian alam pedesaan.

 

Menu favoritnya adalah “Udang Bakar Madu”. Udang yang dimasak adalah udang galah. Olesan madu di menu ini menggantikan olesan kecap manis setelah udangnya dibakar. Ini menjadikan rasanya menjadi manis bercampur daging udang yang gurih.

 

Masih banyak lagi variasi menu masakan udang ini. Selain udang bakar madu tadi, ada udang saus padang, saus tiram, asam manis, udang digoreng biasa, udang goreng tepung dan udang rebus.

 

Bagi yang menyantap menu selain udang, juga tersedia menu ikan gurame. Seperti gurame bumbu cobek dari rempah-rempah, sop gurame, asam manis, saus tiram, bakar kecap, bakar madu dan saus padang. Juga ada menu kepiting dan cumi-cumi dengan berbagai variasi, sesuai rasa yang Anda inginkan.

 

Bagi penyuka pedas, Resto Mang Engking Purwokerto juga menyajikan aneka sambal. Diantaranya, sambal terasi dadakan, tomat, cobek, bawang dan kecap, dan lainnya.

 

Demi menghadirkan suasana khas pedesaan, Mang Engking Purwokerto membuat kolam khusus di tengah rumah makan, lengkap dengan berbagai jenis ikan dan juga terseda pakan ikan di sekitar kolam. Dengan fasilitas ini, Anda dan anak – anak Anda dapat singgah di tepi kolam untuk memberi makan ikan yang ada di kolam tersebut.

 

Tentang Mang Engking

Bisa disebut, awal berdirinya Gubug Makan Mang Engking adalah karena “imbas” Bom Bali. Ceritanya, Mang Engking Sodikin sang pemilik rumah makan asal Tasikmalaya, sebelumnya memiliki usaha tambak udang sejak tahun 1990-an di Jogja. Yaitu di Minggir, Sleman. Hasil tambak udangnya biasa dikirim ke restoran-restoran di Bali.

Pada tahun 2002 terjadi peristiwa bom Bali dan berdampak pada terhambatnya pengiriman hasil tambak udang Mang Engking. Daripada tidak ada pembuangan udang, Mang Engking berfikir lebih baik membangun restoran dan dijual sendiri. Maka berdirilah Gubug Makan Mang Engking pertama kali pada tahun 2004 berlokasi di desa Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman. Rumah makan ini agak jauh dari pusat kota Jogja dan berada di tengah areal persawahan. Kemudian berdiri pada tahun 2006 di Sorogan Castle, Jalan Sorogan Bantul.

Karena peminatnya banyak, Mang Engking lantas menambahkan menu lain selain menu udang. Kini Mang Engking sudah berdiri di berbagai kota seperti Depok, Bandung, Pasuruan, dan Purwokerto.

 

Alamat Gubug Makan Mang Engking Purwokerto :
Jl. Profesor DR. HR Boenyamin, Sumampir Wetan, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53121
Telpon : (0281) 630088
Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.