Masjid Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, lebih dikenal dengan Masjid Saka Tunggal. Disebabkan masjid ni hanya mempunyai saka tunggal (tiang penyangga tunggal).

Saka tunggal yang berada di tengah bangunan utama masjid, saka dengan empat sayap ditengahnya yang akan nampak seperti sebuah totem, bagian bawah dari saka itu dilindungi dengan kaca guna melindungi bagian yang terdapat tulisan tahun pendirian masjid tersebut. Tertulis di tiang itu angka 1288. Masih jadi misteri apakah angka tersebut menunjukkan tahun Masehi, Hijriyah atau Saka.

Daya tarik tambahan di kawasan Masjid Saka Tunggal Baitussalam adanya ribuan kera yang hidup bebas di sekitar masjid. Kera-kera ini terbiasa dan hidup membaur di keseharian warga setempat.

Pagi dan sore hari adalah waktu ribuan kera ini turun dari hutan habitatnya yang berada di seberang Masjid Saka Tunggal. Siang hari mereka akan beristirahat kembali ke hutan.

Meski begitu, saat ada wisatawan, beberapa kelompok kera akan turun mengharapkan makanan dari pengunjung. Banyak penjual yang menawarkan kacang, pisang, dan butiran jagung yang bisa dibeli pengunjung untuk memberi makan kera-kera ini.

Kera-kera tersebut cukup bersahabat saat diberi makan dengan mengulurkan tangan. Hanya saja sekantung kacang, pisang, atau jagung yang ada di tangan, sebaiknya disembunyikan dahulu, jika ingin memberi makan satu-persatu ke mereka. Karena jika terlihat oleh sang kera, akan langsung direbut sekantung plastiknya.

wisata masjid saka tunggal dan taman kera desa cikakak banyumas

Fakta unik lainnya adalah setiap kendaraan yang diparkir di lokasi Masjid Saka Tunggal, akan diletakkan ban bekas di atas kendaraan. Fungsinya sebagai penangkal kera untuk “hinggap” di atas kendaraan. Rumah-rumah warga sekitarpun juga diberi ban-ban bekas ini.

Berikutnya adalah kemungkinan pengunjung akan mendapati kera yang minum di bak wudhu Masjid Saka Tunggal. Juga kotoran kera di lantai tempat wudhu. Jika pengunjung merasa tidak nyaman dengan kondisi ini sedangkan berkehendak untuk shalat, dapat beribadah shalat terlebih dahulu di masjid yang di pinggir jalan raya Ajibarang-Wangon, tepat di mulut jalan sebelum masuk ke lokasi wisata.

Tidak ada papan penunjuk arah ke lokasi Masjid Saka Tunggal dan Taman Kera ini. Jadi sebaiknya dipastikan untuk mengaktifkan navigasi ponsel pintarnya. Karena sebetulnya tidak begitu sulit untuk menemukan lokasinya. Akses masuknyapun sudah diaspal halus. Hanya, sekali lagi, tidak ada penunjuk arah dari jalan raya Ajibarang – Wangon.

Tiket masuk lokasi : Rp. 10.000 / orang
Parkir mobil : Rp. 5.000
Parkir motor : Rp. 2.000

Lokasi Masjid Saka Tunggal Baitussalam

Masjid Masjid Saka Tunggal Baitussalam
Desa Cikakak, Kecamatan Wangon Banyumas
Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah
Koordinat Geografi :
Latitude : -7.473921268747356
Longitude : 109.05566312278438

===================================

Di sebelah kanan postingan ini difasilitasi dengan peta. Silakan masukkan lokasi Anda berada sekarang (“Enter Your Location”), kemudian klik “Get Direction” untuk mendapatkan arah-petunjuk untuk mencapai tempat dari postingan ini. Semoga membantu.