Pendopo Banyumas yang dikenal sebagai Pendopo Si Panji dibangun oleh Kiai adipati Yudonegoro II (Bupati Banyumas ke-7) pada tahun 1706. Keputusan Jendral Van Den Bosch tertanggal 18 Desember 1831 dibentuklah Karesidenan Banyumas yang terdiri dari lima Kabupaten, yaitu : Banyumas, Ajibarang, Purbalingga, Banjarnegara, dan Majenang.

Kabupaten Banyumas pada masa itu terdiri dari tiga distrik yaitu : Banyumas, Adirejo, dan Purworejo Klampok. Kabupaten Ajibarang terdiri dari tiga distrik yaitu : Ajibarang, Jambu (sekarang Jatilawang) dan Purwokerto.

Tahun 1936 terjadi penggabungan Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Purwokerto. Setiap kali musim penghujan tiba dan Sungai Serayu meluap airnya maka di Banyumas terjadi banjir. Karena dua alasan tersebut maka Ibukota Kabupaten Banyumas diputuskan untuk dipindah dan mencari tempat yang lebih tinggi dari permukaan Kali Serayu.

Atas prakarsa Adipati KRAA Sudjiman Mertadiredja Gandasoebrata (Bupati Banyumas XX), Pendopo “Si Panji” pada bulan Januari 1937 dipindahkan dari Banyumas ke Purwokerto.

Alamat Kantor Bupati Banyumas Jl. Kabupaten No. 1, Purwokerto – Jawa Tengah
Telpon : (0281) 635003, 636001, 636117
Fax : (0281) 635332

===================================

Di sebelah kanan postingan ini difasilitasi dengan peta. Silakan masukkan lokasi Anda berada sekarang (“Enter Your Location”), kemudian klik “Get Direction” untuk mendapatkan arah-petunjuk untuk mencapai tempat dari postingan ini. Semoga membantu.

None found.