Peringatan 1000 hari meninggalnya Dalang Ki Sugino Siswocarito diprakarsai oleh Dalang Ki Manteb Sudarsono. Peringatan ini akan digelar selama tiga hari, mulai Jumat 16 Oktober hingga Minggu18 Oktober 2015. Dipusatkan di Lapangan Desa Notog, kecamatan Patikraja, Banyumas, peringatan ini mengambil tema “Cengkok Notog, Gagrak Nusantara”.

Meski cengkoknya Notog, tapi gagraknya adalah gagrak Nusantara. Begitulah pesan yang ingin disampaikan di seluruh rangkaian acara peringatan ini. Karena menampilkan pula seniman-seniman nasional, seperti Kirun, Marwoto, Yati Pesek, Topan, dan Cak Dikin.

Jadwal Peringatan 1000 Hari Mbah Dalang Gino :

Jumat, 16 Oktober 2015
Pukul 14.00 : Ebeg Banjarnegara
Pukul 21.00 : Ketoprak Kolaborasi Artis Nasional

Sabtu, 17 Oktober 2015
Pukul 10.00 : Wayang ruwat
Pukul 19.30 : Pagelaran Wayang Kulit Dalang Ki Manteb Sudarsono

Minggu, 18 Oktober 2015
Pukul 20.00 : Pagelaran Wayang Kulit Dalang Muda se-Jawa

Dalang Ki Sugino Siswocarito, lahir di Desa Sawangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, 14 Mei 1937. Semasa hidupnya sebagai dalang, Ki Sugino Siswocarito lebih sering memainkan lakon cerita Carangan. Yakni, lakon cerita yang lepas dari pakem.

Melalui lakon carangan tersebut, Dalang Gino lebih leluasa memainkan dan membuat cerita tanpa harus terikat dengan lakon-lakon pakem. Tokoh-tokoh wayang yang ditampilkan dalam lakon yang sering dimainkan Dalang Gino, adalah tokoh anak-anak Pandawa seperti Gatotkaca, Antasena, Antareja, Abimanyu dan Wisanggeni. Juga tokoh Punakawan yang menjadi ikon Banyumas, Bawor.

Selain mendalang, Dalang Ki Sugino Siswocarito, juga telah menghasilkan ratusan karya gending Banyumasan . Gending gamelan gaya Banyumasan ini memiliki nuansa berbeda dari gending gaya Surakarta atau Yogyakarta. Irama dari gending Banyumasan, lebih rancak dan ceria dibanding gending gaya Surakarta atau Yogya.

Bila untuk wayang kulit gaya Solo-an dikenal dalang Narthosabdo, gaya Yogya ada Ki Timbul Hadi Prayitno, maka untuk wayang kulit gaya Banyumasan identik dengan dalang Ki Sugino Siswocarito.

=============================================================
Di sebelah kanan postingan ini difasilitasi dengan peta. Silakan masukkan lokasi Anda berada sekarang (“Enter Your Location”), kemudian klik “Get Direction” untuk mendapatkan arah-petunjuk untuk mencapai tempat dari postingan ini. Semoga membantu.

How to Register

Gratis. Langsung datang ke tempat

Register Now

Fees : Gratis