Hackathon Merdeka! 2.0 merupakan sebuah inisiatif untuk menginisiasi gerakan besar Code4Nation sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional. Berbagai gerakan yang sudah dilakukan (diantaranya, kawalpemilu.org, kawalmenteri.org, kawalpemilukada.org, dll) telah membantu pemerintah dan masyarakat. Code4nation.id diharapkan dapat menjadi pemersatu gerakan-gerakan yang ada sehingga semakin banyak talenta di Indonesia yang peduli dan ingin bergabung dapat berkolaborasi dengan lebih baik.

Setelah sukses menyelenggarakan Hackathon Merdeka yang pertama pada tanggal 22-23 Agustus 2015 lalu, Code4Nation kembali mengadakan Hackathon Merdeka, serentak di 27 kota Indonesia dan satu di Sydney, Australia. Pada tanggal 24 – 25 Oktober 2015 secara marathon tiap tim akan membuat aplikasi dengan tema Kependudukan.

Pelaksanaan Hackathon Merdeka! 2.0 di wilayah Banyumas diinisiasi oleh komunitas-komunitas di Purwokerto dan Banyumas. Beragam komunitas tersebut tergabung menjadi relawan Hackathon Banyumas Raya. Saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan acara, koordinasi dengan Hackathon Merdeka! (code4nation) serta kerjasama lintas sektor dengan unsur-unsur di daerah.

Hackathon Merdeka! 2.0 wilayah Banyumas dilaksanakan di Aula kampus ST3 Telkom Purwokerto. Selama dua hari, tim peserta yang sudah mendaftar akan bertemu dengan mentor dari kalangan praktisi, akademisi hingga budayawan untuk bertukar ide hingga dapat menciptakan aplikasi kependudukan. Pendaftaran dan informasi dimuat di website hackathonbanyumas.id. Panitia membebaskan biaya pendaftaran, selain itu peserta juga akan mendapatkan konsumsi selama dua hari juga kaos Hackathon Merdeka! 2.0. Satu tim peserta terbaik akan diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015.

Ini merupakan kesempatan baik bagi para programmer di wilayah Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, dan Kebumen untuk turut serta menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mencoba mengatasi masalah kependudukan di negeri ini. Pemerintah Daerah Banyumas sendiri menyambut baik acara Hackathon Merdeka! 2.0 ini, bahkan berkeinginan untuk menyelenggarakan Hackathon Banyumas saat hari jadi Kabupaten Banyumas. Pemkab Banyumas berharap aplikasi-aplikasi yang dihasilkan, nantinya akan bisa digunakan untuk membantu kinerja Pemerintahan Banyumas.

=============================================================
Di sebelah kanan postingan ini difasilitasi dengan peta. Silakan masukkan lokasi Anda berada sekarang (“Enter Your Location”), kemudian klik “Get Direction” untuk mendapatkan arah-petunjuk untuk mencapai tempat dari postingan ini. Semoga membantu.

How to Register

Kunjungi hackathonbanyumas.id